Gagal Ginjal Dengan Terapi Jus

Penanganan gagal ginjal dengan terapi jus, dikalangan dunia medis kebanyakan masih mejadi pro dan kontra. Hal ini wajar, karena penderita gagal ginjal kronis (GGK) biasanya disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan, karena umumnya buah mengandung kalium, suatu mineral yang perlu dijaga keseimbangannya.

Jika fungsi ginjal sudah terjadi penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine, maka sudah terjadi yang namanya penyakit gagal ginjal. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun.

Rusaknya ginjal lebih banyak dikenal  karena sudah ada penyakit-penyakit degeneratif, seperti: Diabetes Melitus, Hypertensi, Glomerulusnefritis. Penyakit ini bersama-sama menyebabkan sekitar 75% dari semua kasus dewasa.  Namun menurut hasil survey dibeberapa Rumah Sakit, kini penyakit gagal ginjal tidak melulu karena sudah adanya penyakit degeneratif, tetapi lebih mengarah pada pola makan dan pola hidup manusia. Kebiasaaan, seperti: minum minuman pembangkit tenaga, penyedap makanan sintetis, mengkonsumsi berlebihan makanan berprotein tinggi  dan berpurin tinggi, serta rokok.        Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah ( Haemodialisa (dialysis)}. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

Penanganan Dengan  Terapi Holistik

Jangan khawatir kini telah ada cara mengobati gagal ginjal, tanpa harus melulu dengan obat kimia dan cuci darah. Karena obat kimia dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal dengan adanya kenaikan ureum. KLINIK FAIRUZHOLISTIC DEPOK  alhamdulillah telah cukup berpengalaman menangani kasus ini. Kami menerapkan terapi holistik, dengan menggabungkan pendekatan medis barat dan medis timur.

Medis barat. pasien diminta untuk selalu memeriksakan indikator ginjal dan darahnya ke laboratorium. Juga bagi pasien yang masih cuci darah tidak disarankan untuk langsung menghentikan cuci darahnya. Jika penderita sudah mengalami penurunan indikator, maka cuci darah mulai dikurangi hingga akhirnya dapat lepas cuci darah. Obat kimia yang telah dikosumsi, tidak serta merta dilepas, tetapi beberapa digantikan dengan herbal. Dosis yang dipakai juga dalam jumlah yang sedikit, dan dengan pemberian yang sangat hati-hati.

Medis Timur. kami lakukan dengan terapi akupunktur, terapi bio energi (dengan alat elektronik), terapi detox, terapi jus dan terapi diet rendah protein dan pola makan minum. Akupunktur, bertujuan membantu meningkatkan fungsi ginjal, menjaga keseimbangan fungsi organ-organ terkait, memperlancar pembuangan cairan dan memperlancar pembuangan racun. Dengan menggunakan terapi holistik, pasien mendapatkan hasil yang baik.  Dan yang paling penting adalah mengubah pola makan yang tidak hanya berdasarkan selera, tetapi dengan pola makan seimbang. 80% dari kesembuhan pasien, adalah terapi rohani, dengan keyakinan akan adanya kesembuhan dari Allah.

Jus Terapi Holistik

Terapi jus yang diterapkan sudah dilakukan uji klinis yang cukup lama. Jenis buah yang dipilih dengan kandungan kalium yang sangat rendah dan dosis minum yang terukur, sehingga aman untuk ginjal.

Ada beberapa jenis buah yang sangat dilarang, seperti durian dan nangka. Buah-buahan lainnya yang dilarang, adalah yang mengandung kalium sangat tinggi, yakni: alpukat, pisang, apel dan tomat,durian, nangka, serta buah yang bersifat asam seperti mangga, jeruk, buah naga, manggis, klengkeng, duku, dan lain-lain.

Buah yang sangat disarankan adalah berkalium rendah dan bersifat deuretik. Seperti: semangka, melon, pepaya, pir, dan anggur hijau. Karena sifatnya deuretik, sehingga dapat membantu kerja ginjal untuk membuang racun yang ada di ginjal melalui urin.

 Anggur hijau :  rendah purin dan berfungsi meningkatkan Hb atau                                anemia pada penyakit gagal ginjal.

Menurut Ayurveda, Dr Jussawala dalam bukunya Juice Therapy for Healthy Body: “ Terapi jus  adalah alternatif untuk menghilangkan sakit biasa amaupun penyakit kronis ataupun yang sulit disembuhkan. Terapi Jus bersifat meremajakan tubuh, dan terbukti efektif pada kasus-kasus di mana terapi modern lainnya sudah gagal.”

Ia juga berpendapat: “Jus buah-buahan melakukan pemurnian darah.” Beberapa fungsinya adalah:

1.  Mereka membuang unsur-unsur beracun yang menumpuk dalam sel-sel tubuh.

2.  Meningkatkan jumlah urin di mana semua unsur beracun dari tubuh dibuang.

3.  Bersifat meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak karena penyakit

4.  Bersifat membangun kembali sel-sel tubuh

Beberapa Terapi Jus yang diberikan untuk penyakit gagal ginjal adalah : jus semangka. Jumlah yang diberikan disesuaikan dengan indikator fungsi ginjal dan jumlah air yang harus dikonsumsi minimal dalam sehari.

Kandungan Jus Semangka  

Semangka selain banyak mengandung air dan gula, ia juga sumber provitamin A (karotenoid), vitamin C dan vitaminp B2. Mengandung mineral sedikit kalium, magnesium, fosfor. Dari warna dagingnya yang merah dan kuning, semangka juga kaya bioflavonoid, pektin, licopene dan serat makanan. Namun yang tertinggi licopenennya adalah yang berwarna merah.

Air yang banyak berfungsi meluruhkan asam urat dan ureum yang berlebih. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Kelebihan asam urat dalam tubuh yan menyebabkan penyakit arthritis, encok dan keracunan urea, dapat dihilangkan dengan jus semangka plus bijinya diblender sekaligus. Diminum secara teratur minimal dua kali sehari.

Manfaat lainnya: menahan serangan jantung, antioksidan dan antikanker, anti alergi, menurunkan kolesterol dan mencegah konstipasi.

 

Catatan:  Sebaiknya jus terapi perlu diikuti dengan terapi penunjang lainnya, seperti terapi akupunktur juga pengaturan diet terapi secara holistic. Hal lainnya adalah perlunya pemantauan keseimbangan cairan elektrolit tubuh.

About these ads
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s